Selasa, 15 Mei 2012

RPP aritmatika sosial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat  Satuan Pendidikan    : SMP Negeri  1 Jabung
Mata Pelajaran                        :  Matematika
Kelas / Semester                      :  VII/1
Alokasi  Waktu                       : 2 X 40 menit (2 x Pertemuan)

Standar Kompetensi : 3.   Menggunakan perbandingan dalam memecahkan masalah.
Kompetensi  Dasar    :3.1. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah  
          aritmetika sosial sederhana.
 I.   Indikator
a.       Kognitif
1.      Menentukan nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian
2.      Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/ rugi.
3.      Menentukan prosentase laba (untung) atau rugi.
4.      Menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
5.      Menentukan harga beli, jika prosentase untung/ rugi diketahui.
b.      Afektif
1.      Perilaku Berkarakter
a)      Dapat dipercaya
b)      Menghargai
c)      Tanggung jawab individu
d)     Tanggung jawab sosial
e)      Adil
f)       Peduli
2.      Ketrampilan Sosial
a)      Bertanya
b)      Memberikan ide  atau pendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)     Kerja sama
 II.   Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif
1.      Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat mendefinisikan nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
2.      Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa  dapat mendefinisikan harga beli, dan dapat memberikan contohnya.
3.      Siswa  diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat mendefinisikan nilai jual, dan siswa dapat memberikan contohnya.
4.      Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat menentukan untung, rugi, atau impas dalam permasalahan.\
5.      Siswa dieberikan berbagai kalimat agar siswa  dapat menentukan prosentase laba (untung) atau rugi.
6.      Diberikan permasalahan sehari-hari agar siswa dapat menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
7.      Diberikan permasalahan sehari-hari agar siswa dapat menentukan harga belim jika prosentase untung/rugi diketahui.

b.      Afektif
1.      Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)      Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberiakan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d)     Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu teman atau guru.
e)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f)       Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang menbutuhkan.
2.      Ketrampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial berikut.
a)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)      Dalam proses pembelajaran dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)     Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.

III.      Materi Ajar
Aritmatika Sosial, mengenai :
1.        Pengertian nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
2.        Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/rugi.
3.        Menentukan prosentase laba (untung) atau rugi.
4.        Menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
5.        Menentukan harga beli, jika prosentase untung/rugi diketahui.
    Uraian :
A.    Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
1)   Nilai keseluruhan adalah nilai seluruh barang dikalikan harga satuan barang.
2)   Nilai per unit adalah nilai satuan barang.
3)   Nilai sebagian adalah nilai bagian dari nilai keseluruhan barang.
Contoh: adi membeli buku 1,5 lusin. Sementara harga perlusin dari buku itu adalah Rp 12.000. hitunglah:
·         Nilai keseluruhan
·         Nilai per-unit
·         Nilai 6 buah buku
Jawab:
·         Nilai keseluruhan           = 1,5 x Rp 12.000 = Rp 18.000,00
·         Nilai per unit                  = Rp 12.000 = Rp 1.000,00
·         Nilai 6 buku                   =  Rp 12.000 = Rp 6.000,00
B.     Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/ rugi
a.       Harga jual adalah sejumlah uang yang diterima pedagang dari pembeli.
b.      Harga beli adalah harga jual dikurangi dengan laba atau ditambah dengan rugi.
c.       Untung/ rugi = harga jual – harga beli,   Jika harga jual > harga beli (untung)
                                                                Jika harga jual < harga beli (rugi)
                                                                Jika harga jual = harga beli (impas)



Contoh:
Pak budi membeli sepeda dengan harga Rp. 500.000,00. Kemudian sepeda itu dijual kembali dengan harga Rp 450.000,00. Berapa rupiah untung atau rugi dari penjualan sepeda pak budi?
Jawab:
Harga beli = Rp 500.000,00
Harga jual = Rp 450.000,00
Untung atau rugi = Harga jual - harga beli
                            = Rp 450.000,00 - Rp 500.000,00
                            = - Rp 50.000,00
Karena harga jual< harga beli maka pak budi rugi Rp 50.000,00
C.     Menentukan prosentase laba (untung) atau rugi.
Prosentase laba =
Prosentase rugi =
Contoh:
Dewi membeli gula seharga Rp 5.000,00 lalu dijual dengan harga Rp 5.500,00. Tentukan prosentase untung/ ruginya!
Harga pembelian = Rp 5.000,00
Harga penjualan = Rp 5.500,00.
Untung                = Rp 5.500,00 - Rp 5.000,00
                            = Rp 500,00
Prosentase untung =
D.    Menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
Contoh:
Pak Yamin membeli pesawat televisi seharga Rp 1.200.000,00. Setelah beberapa waktu dijual ternyata mengalami untung 12 %. Hitunglah berapa rupiah harga jualnya?
Jawab:     untung 12 % dari Rp 1.200.000,00 =  x 1.200.000,00 = 144.000,00
Jadi harga jualnya = Rp 1.200.000,00 + Rp 144.000,00 = 1.344.000,00
E.     Menentukan harga beli, jika prosentase untung/ rugi diketahui.
Contoh:
Jika prosentase untung misalkan = p%, maka
Harga beli (jika untung) = x Harga jual
Jika prosentase rugi misalkan = q %, maka
Harga beli (jika rugi) =  x harga jual
Contoh:
Seseorang pedagang menjual TV 14” seharga Rp 990.000,00. Hitunglah berapa harga pembeliannya jika:
a)    Mendapat untung 10 %
b)   Menderita rugi 10%
Jawab:
a) Untung = 10 %, pembelian = 100%  maka penjualan 100% + 10% = 110%
                          harga pembelian =  x Rp 990.000,00 = Rp 900.000,00
b) Rugi = 10 %, pembelian = 100% → maka penjualan = 100% - 10% = 90 %
                          harga pembelian =  x Rp 990.000,00 =
IV.   Metode Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Pemberian tugas
·         Demonstrasi
 V.   Alat / Bahan:
·         Papan tulis
·         Board marker
VI.   Proses Belajar Mengajar

A.    Pendahuluan (±10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.

Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan pentingnya pembelajaraan aritmatika sosial.
Siswa diminta mengemukakan pendapat (ide), bertanggung jawab secara individu.


2.

Siswa diminta mendefinisikan
Aritmatika sosial.
Dengan kegiatan ini siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran kooperatif.
Dalam kegiatan ini, siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat orang lain.



B.     Kegiatan Inti (± 60 Menit)
No.

Kegiatan
Karakter / Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran perbaikan
1.
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan worksheet  setiap kelompok petunjuk kegiatan yang akan dikerjakan.
Siswa dilatih mampu bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang lain.


2.
Siswa menerima informasi dari guru  tentang materi yang akan dipelajari
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.


3.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru untuk menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.


4.
Siswa mendengarkan penjelasan tentang menentukan harga jual, harga beli, dan untung/rugi dalam contoh-contoh aritmatika sosial  dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi pendengar yang baik.


5.
Siswa memahami materi prosentase untung/rugi, menentukan harga jual/ harga beli dari prosentase untung dan rugi yang diketahui serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa bertanggung jawab dengan materi yang telah diberikan.





6.
Siswa mengerjakan worksheet dalam masing-masing kelompok dengan menggunakan petunjuk dari guru sesuai dengan soal-soal yang diberikan oleh guru (untuk tiap kelompok sama tetapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama).
Melakukan kegiatan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat, bertanya dan menjadi pendengar yang baik.


7.
Presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan diberi poin bonus bagi kelompok yang bekerjasama baik.

Melalui kegitan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain,dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat, bertanya, dan menjadi pendengar yang baik.


8.
Siswa  diberikan soal tentang aritmatika sosial sebagai bahan evaluasi:
1.      Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp. 800.000,00. Hitunglah harga penjualannya, jika ia mendapat untung 15%
2.      Dengan menderita rugi 30% suatu barang dijual dengan harga Rp 350.000,00. Hitunglah berapa rupiah kerugiannya dan harga pembeliannya.
3.      Beli barang seharga Rp 250.000,00 kemudian dijual seharga Rp 275.000,00. Berapakah prosentase untungnya?
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berpikir kritis, mengemukakan pendapat, menjadi pendengar yang baik, bertanggung jawab secara individu dan sosial.


                                           
C.    Penutup (± 10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa didorong untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


2.
Siswa diminta mengerjakan Evaluation Sheet secara individu, dan pemberian feedback serta penyajian skor individu dan kelompok mengacu pada rubrik penilaian.
Dengan mengerjakan Evaluation Sheet, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan social, adil serta dapat dipercaya.


3.
Siswa diminta mengerjakan LKS Canggih hal 44-46 sebagai pekerjaan rumah.



3.
Siswa diminta untuk mengisi Lembar Penilaian Diri secara individu.
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya.


VII.   Sumber Pembelajaran:
-Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VII Semester 1, penerbit  Piranti.
- LKS Canggih, Penerbit Gema Nusa
- Post tes
- LKS 01
- Pre Test
VIII.            Penilaian
Penilaian individu :
1.      Setiap nomor benar diberi skor  20
2.      Jawaban kurang sempurna skor 5
3.      Total skor maksimal  = 100
Penilaian kelompok :
1.      Jawaban kelompok benar diberi skor 10
2.      Kerjasama tim diberi poin bonus
Keterangan:
1.      Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut.
Kerjasama
Bonus
Bagus
6 poin
Kurang
4 poin
Belum
2 poin

2.      Bonus yang ditetapkan adalah penilaian keaktifan setiap siswa dalam kelompok.
3.      Skor akhir individu siswa adalah skor individu ditambah skor kelompok, dan skor bonus

IX.            Lampiran
Lampiran  1
guru menjelaskan materi aritmatika sosial seperti:                                
A.    Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
1)   Nilai keseluruhan adalah nilai seluruh barang dikalikan harga satuan barang.
2)   Nilai per unit adalah nilai satuan barang.
3)   Nilai sebagian adalah nilai bagian dari nilai keseluruhan barang.
B.     Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/ rugi
a.       Harga jual adalah sejumlah uang yang diterima pedagang dari pembeli.
b.      Harga beli adalah harga jual dikurangi dengan laba atau ditambah dengan rugi.
c.       Untung/ rugi = harga jual – harga beli,   Jika harga jual > harga beli (untung)
                                                                Jika harga jual < harga beli (rugi)
                                                                Jika harga jual = harga beli (impas)
C.     Menentukan prosentase laba (untung) atau rugi.
      Prosentase laba =
Prosentase rugi =
D.  Menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
Contoh:
Pak Yamin membeli pesawat televisi seharga Rp 1.200.000,00. Setelah beberapa waktu dijual ternyata mengalami untung 12 %. Hitunglah berapa rupiah harga jualnya?
Jawab:     untung 12 % dari Rp 1.200.000,00 =  x 1.200.000,00 = 144.000,00
Jadi harga jualnya = Rp 1.200.000,00 + Rp 144.000,00 = 1.344.000,00
E.  Menentukan harga beli, jika prosentase untung/ rugi diketahui.
Contoh:
Jika prosentase untung misalkan = p%, maka
F.      Harga beli (jika untung) = x Harga jual
Jika prosentase rugi misalkan = q %, maka
Harga beli (jika rugi) =  x harga jual












Lampiran 2
Work Sheet Aritmatika sosial
Tugas Individu


















Lampiran  3
Tugas Kelompok
LKS 01
Kompetensi Dasar     : 3.3    Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika  
sosial yang sederhana.
Indikator                    : 3.3.2 Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga
beli, rabat bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Lengkapilah Tabel berikut ini !

No
Nama Barang
Harga Beli
Harga Jual
Untung
Rugi
Persentase Untung
Persentase Rugi
1
Buku
Rp 1.500,00
Rp 2.000,00
Rp 500,00
...........
..........
...........
2
Bolpoint
.............
Rp 2.000,00
Rp 300,00
...........
...........
...........
3
Pensil
............
Rp 800,00
.........
Rp 200,00
............
............
4
Penggaris
Rp 3.000,00
............
.........
............
15%
............
5
Tipe x
Rp 3.000,00
............
.........
............

 15%







Lampiran  4
     Soal Post tes
1.      Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp. 800.000,00. Hitunglah harga penjualannya, jika ia mendapat untung 15% !
2.      Dengan menderita rugi 30% suatu barang dijual dengan harga Rp 350.000,00. Hitunglah berapa rupiah kerugiannya dan harga pembeliannya?
3.      Membeli barang seharga Rp 250.000,00 kemudian dijual seharga Rp 275.000,00. Berapakah prosentase untungnya?
4.      Tentukan persentase untung atau ruginya.
a.     Harga pembelian Rp 60.000,00 dan harga penjualan Rp 72.000,00
b.    Harga pembelian Rp 75.000,00 dan harga penjualan Rp 67.500,00.
5.      Sebuah toko memberikan diskon 20% untuk Sepatu dan 15% untuk lainnya, Jika agus membeli sebuah sepatu dengan harga Rp 75.000,00 dan sebuah sandal dengan harga Rp 60.000,00 maka berapa rupiahkan agus harus membayar membayar sepatu dan sandal itu?


Jabung, 18 November 2011
Guru Mapel                                                                                         Guru PPL



Ni KETUT WEDASTUTI, S.Pd                                                        DEDI VERA NURKHOLIS
NIP. 198109262009022007                                                               NIM. 0804090027


                   Mengetahui :
       Kepala SMP Negeri 1 Jabung


        Drs. SUBAKIR, M.MPd.
       NIP. 195801121982031008





1 komentar:

  1. Bet on Casino! | JTM Hub
    Bet on Casino! on Casino! ✓ Join now and get 남원 출장샵 a $200 bonus 여수 출장마사지 when you join 속초 출장샵 today. Get exclusive bonuses 시흥 출장샵 & online 문경 출장마사지 casino games.

    BalasHapus