RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Jabung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VII/1
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
(2 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi : 3. Menggunakan perbandingan dalam memecahkan
masalah.
Kompetensi Dasar
:3.1.
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah
aritmetika
sosial sederhana.
I. Indikator
a. Kognitif
1. Menentukan
nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian
2. Menentukan
harga jual, harga beli, dan untung/ rugi.
3. Menentukan
prosentase laba (untung) atau rugi.
4. Menentukan
harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
5. Menentukan
harga beli, jika prosentase untung/ rugi diketahui.
b. Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
a) Dapat
dipercaya
b) Menghargai
c) Tanggung
jawab individu
d) Tanggung
jawab sosial
e) Adil
f) Peduli
2. Ketrampilan
Sosial
a) Bertanya
b) Memberikan
ide atau pendapat
c) Menjadi
pendengar yang baik
d) Kerja
sama
II. Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Siswa
diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat mendefinisikan nilai keseluruhan,
nilai per-unit, dan nilai sebagian.
2. Siswa
diberikan berbagai kalimat agar siswa
dapat mendefinisikan harga beli, dan dapat memberikan contohnya.
3. Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat
mendefinisikan nilai jual, dan siswa dapat memberikan contohnya.
4. Siswa
diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat menentukan untung, rugi, atau impas
dalam permasalahan.\
5. Siswa
dieberikan berbagai kalimat agar siswa dapat menentukan prosentase laba (untung) atau
rugi.
6. Diberikan
permasalahan sehari-hari agar siswa dapat menentukan harga jual, jika
prosentase untung/rugi diketahui.
7. Diberikan
permasalahan sehari-hari agar siswa dapat menentukan harga belim jika
prosentase untung/rugi diketahui.
b. Afektif
1. Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri
terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a) Dalam
proses belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya.
Diantaranya sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang
diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya
siswa memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya
siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberiakan, dapat dipercaya/diandalkan,
tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya
siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela
membantu teman atau guru.
e) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak
pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat
berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa
peka terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang
menbutuhkan.
2. Ketrampilan
sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial
berikut.
a) Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b) Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c) Dalam
proses pembelajaran dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d) Dalam
diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
III.
Materi Ajar
Aritmatika Sosial, mengenai :
1.
Pengertian nilai keseluruhan,
nilai per-unit, dan nilai sebagian.
2.
Menentukan harga
jual, harga beli, dan untung/rugi.
3.
Menentukan
prosentase laba (untung) atau rugi.
4.
Menentukan harga
jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
5.
Menentukan harga
beli, jika prosentase untung/rugi diketahui.
Uraian :
A. Menghitung
nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
1)
Nilai keseluruhan
adalah nilai seluruh barang dikalikan harga satuan barang.
2)
Nilai per unit
adalah nilai satuan barang.
3)
Nilai sebagian
adalah nilai bagian dari nilai keseluruhan barang.
Contoh:
adi membeli buku 1,5 lusin. Sementara harga perlusin dari buku itu adalah Rp
12.000. hitunglah:
·
Nilai
keseluruhan
·
Nilai per-unit
·
Nilai 6 buah
buku
Jawab:
·
Nilai
keseluruhan = 1,5 x Rp 12.000 =
Rp 18.000,00
·
Nilai per unit = Rp 12.000 = Rp 1.000,00
·
Nilai 6 buku =
Rp 12.000 = Rp 6.000,00
B.
Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/ rugi
a.
Harga jual adalah sejumlah uang yang diterima pedagang dari
pembeli.
b.
Harga beli adalah harga jual dikurangi dengan laba atau
ditambah dengan rugi.
c.
Untung/ rugi = harga jual – harga beli, Jika harga jual > harga beli (untung)
Jika
harga jual < harga beli (rugi)
Jika
harga jual = harga beli (impas)
Contoh:
Pak
budi membeli sepeda dengan harga Rp. 500.000,00. Kemudian sepeda itu dijual
kembali dengan harga Rp 450.000,00. Berapa rupiah untung atau rugi dari
penjualan sepeda pak budi?
Jawab:
Harga
beli = Rp 500.000,00
Harga
jual = Rp 450.000,00
Untung
atau rugi = Harga jual - harga beli
= Rp 450.000,00 - Rp
500.000,00
= - Rp 50.000,00
= - Rp 50.000,00
Karena harga jual< harga beli maka
pak budi rugi Rp 50.000,00
C. Menentukan
prosentase laba (untung) atau rugi.
Prosentase laba =
Prosentase
rugi =
Contoh:
Dewi
membeli gula seharga Rp 5.000,00 lalu dijual dengan harga Rp 5.500,00. Tentukan
prosentase untung/ ruginya!
Harga
pembelian = Rp 5.000,00
Harga
penjualan = Rp 5.500,00.
Untung = Rp 5.500,00 - Rp 5.000,00
= Rp 500,00
Prosentase
untung =
D. Menentukan harga jual, jika prosentase
untung/rugi diketahui.
Contoh:
Pak
Yamin membeli pesawat televisi seharga Rp 1.200.000,00. Setelah beberapa waktu
dijual ternyata mengalami untung 12 %. Hitunglah berapa rupiah harga jualnya?
Jawab: untung 12 % dari Rp 1.200.000,00 = x
1.200.000,00 = 144.000,00
Jadi
harga jualnya = Rp 1.200.000,00 + Rp 144.000,00 = 1.344.000,00
E. Menentukan harga beli, jika prosentase
untung/ rugi diketahui.
Contoh:
Jika
prosentase untung misalkan = p%, maka
Harga
beli (jika untung) = x Harga jual
Jika
prosentase rugi misalkan = q %, maka
Harga
beli (jika rugi) = x
harga jual
Contoh:
Seseorang
pedagang menjual TV 14” seharga Rp 990.000,00. Hitunglah berapa harga
pembeliannya jika:
a) Mendapat untung 10 %
b) Menderita rugi 10%
Jawab:
a) Untung = 10 %, pembelian = 100% →maka penjualan 100% + 10% = 110%
harga
pembelian = x
Rp 990.000,00 = Rp 900.000,00
b) Rugi = 10 %, pembelian = 100% → maka penjualan = 100% -
10% = 90 %
harga pembelian = x Rp 990.000,00 =
IV.
Metode
Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Demonstrasi
V. Alat / Bahan:
·
Papan tulis
·
Board marker
VI. Proses
Belajar Mengajar
A.
Pendahuluan
(±10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/
Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Memotivasi siswa
dengan memberi penjelasan pentingnya pembelajaraan aritmatika sosial.
|
Siswa diminta
mengemukakan pendapat (ide), bertanggung jawab secara individu.
|
||
2.
|
Siswa diminta mendefinisikan
Aritmatika
sosial.
|
Dengan kegiatan ini
siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli
terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.
|
||
3.
|
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran
kooperatif.
|
Dalam kegiatan ini,
siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat
orang lain.
|
B.
Kegiatan
Inti (± 60 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
/ Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
perbaikan
|
1.
|
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan
setiap kelompok diberikan worksheet setiap kelompok petunjuk kegiatan yang akan
dikerjakan.
|
Siswa dilatih mampu bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial,
peduli dan menghargai orang lain.
|
||
2.
|
Siswa menerima informasi dari guru
tentang materi yang akan dipelajari
|
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan
aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.
|
||
3.
|
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru untuk menghitung nilai keseluruhan, nilai
per-unit, dan nilai sebagian.
|
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan
aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.
|
||
4.
|
Siswa mendengarkan penjelasan tentang menentukan harga jual, harga beli, dan untung/rugi dalam contoh-contoh aritmatika sosial dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi
pendengar yang baik.
|
||
5.
|
Siswa memahami materi
prosentase untung/rugi, menentukan harga jual/ harga beli dari prosentase
untung dan rugi yang diketahui serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa bertanggung jawab dengan materi yang telah
diberikan.
|
||
6.
|
Siswa mengerjakan worksheet dalam masing-masing kelompok dengan
menggunakan petunjuk dari guru sesuai dengan soal-soal yang diberikan oleh
guru (untuk tiap kelompok sama tetapi untuk tiap siswa
tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat
tugas yang sama).
|
Melakukan kegiatan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara
individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil,
kerjasama, berpendapat, bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
|
||
7.
|
Presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama
sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual
dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan diberi poin
bonus bagi kelompok yang bekerjasama baik.
|
Melalui kegitan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara
individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain,dapat dipercaya, adil,
kerjasama, berpendapat, bertanya, dan menjadi pendengar yang baik.
|
||
8.
|
Siswa
diberikan soal tentang aritmatika sosial sebagai bahan
evaluasi:
1.
Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp.
800.000,00. Hitunglah harga penjualannya, jika ia mendapat untung 15%
2.
Dengan menderita rugi 30% suatu barang dijual
dengan harga Rp 350.000,00. Hitunglah berapa rupiah kerugiannya dan harga
pembeliannya.
3.
Beli barang seharga Rp 250.000,00 kemudian dijual
seharga Rp 275.000,00. Berapakah prosentase untungnya?
|
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berpikir kritis,
mengemukakan pendapat, menjadi pendengar yang baik, bertanggung jawab secara
individu dan sosial.
|
C.
Penutup (± 10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/ Ketrampilan Sosial
|
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Siswa didorong untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari
|
Dengan kegiatan ini,
siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta
bertanggung jawab secara individu.
|
||
2.
|
Siswa diminta mengerjakan Evaluation
Sheet secara individu, dan pemberian feedback
serta penyajian skor individu dan kelompok mengacu pada rubrik penilaian.
|
Dengan mengerjakan Evaluation
Sheet, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan social,
adil serta dapat dipercaya.
|
||
3.
|
Siswa diminta mengerjakan LKS Canggih hal 44-46 sebagai
pekerjaan rumah.
|
|||
3.
|
Siswa diminta untuk mengisi Lembar Penilaian Diri secara individu.
|
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat
dipercaya.
|
VII.
Sumber
Pembelajaran:
-Buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VII Semester 1, penerbit Piranti.
- LKS Canggih, Penerbit
Gema Nusa
- Post tes
- LKS 01
- Pre Test
VIII.
Penilaian
Penilaian individu :
1. Setiap
nomor benar diberi skor 20
2. Jawaban
kurang sempurna skor 5
3. Total
skor maksimal = 100
Penilaian
kelompok :
1. Jawaban
kelompok benar diberi skor 10
2. Kerjasama
tim diberi poin bonus
Keterangan:
1.
Poin bonus
berdasarkan ketentuan berikut.
Kerjasama
|
Bonus
|
Bagus
|
6
poin
|
Kurang
|
4
poin
|
Belum
|
2 poin
|
2.
Bonus yang
ditetapkan adalah penilaian keaktifan setiap siswa dalam kelompok.
3.
Skor akhir
individu siswa adalah skor individu ditambah skor kelompok, dan skor bonus
IX.
Lampiran
Lampiran
1
guru menjelaskan materi aritmatika sosial seperti:
A. Menghitung
nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian.
1)
Nilai keseluruhan
adalah nilai seluruh barang dikalikan harga satuan barang.
2)
Nilai per unit
adalah nilai satuan barang.
3)
Nilai sebagian
adalah nilai bagian dari nilai keseluruhan barang.
B.
Menentukan harga jual, harga beli, dan untung/ rugi
a.
Harga jual adalah sejumlah uang yang diterima pedagang dari
pembeli.
b.
Harga beli adalah harga jual dikurangi dengan laba atau
ditambah dengan rugi.
c.
Untung/ rugi = harga jual – harga beli, Jika harga jual > harga beli (untung)
Jika
harga jual < harga beli (rugi)
Jika
harga jual = harga beli (impas)
C. Menentukan
prosentase laba (untung) atau rugi.
Prosentase laba =
Prosentase
rugi =
D.
Menentukan harga jual, jika prosentase untung/rugi diketahui.
Contoh:
Pak
Yamin membeli pesawat televisi seharga Rp 1.200.000,00. Setelah beberapa waktu
dijual ternyata mengalami untung 12 %. Hitunglah berapa rupiah harga jualnya?
Jawab: untung 12 % dari Rp 1.200.000,00 = x
1.200.000,00 = 144.000,00
Jadi
harga jualnya = Rp 1.200.000,00 + Rp 144.000,00 = 1.344.000,00
E.
Menentukan harga beli, jika prosentase untung/ rugi diketahui.
Contoh:
Jika
prosentase untung misalkan = p%, maka
F. Harga beli (jika untung) = x Harga jual
Jika
prosentase rugi misalkan = q %, maka
Harga
beli (jika rugi) = x
harga jual
Lampiran 2
Work
Sheet Aritmatika sosial
Tugas
Individu
Lampiran 3
Tugas
Kelompok
LKS 01
Kompetensi Dasar : 3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmatika
sosial
yang sederhana.
Indikator : 3.3.2 Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga
jual, harga
beli, rabat bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
Lengkapilah Tabel berikut ini !
No
|
Nama Barang
|
Harga Beli
|
Harga Jual
|
Untung
|
Rugi
|
Persentase Untung
|
Persentase Rugi
|
1
|
Buku
|
Rp 1.500,00
|
Rp 2.000,00
|
Rp 500,00
|
...........
|
..........
|
...........
|
2
|
Bolpoint
|
.............
|
Rp 2.000,00
|
Rp 300,00
|
...........
|
...........
|
...........
|
3
|
Pensil
|
............
|
Rp 800,00
|
.........
|
Rp 200,00
|
............
|
............
|
4
|
Penggaris
|
Rp 3.000,00
|
............
|
.........
|
............
|
15%
|
............
|
5
|
Tipe x
|
Rp 3.000,00
|
............
|
.........
|
............
|
15%
|
Lampiran 4
Soal Post tes
1.
Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp.
800.000,00. Hitunglah harga penjualannya, jika ia mendapat untung 15% !
2.
Dengan menderita rugi 30% suatu barang dijual
dengan harga Rp 350.000,00. Hitunglah berapa rupiah kerugiannya dan harga
pembeliannya?
3.
Membeli barang seharga Rp 250.000,00 kemudian
dijual seharga Rp 275.000,00. Berapakah prosentase untungnya?
4.
Tentukan
persentase untung atau ruginya.
a. Harga pembelian Rp 60.000,00 dan harga penjualan Rp 72.000,00
b. Harga pembelian Rp 75.000,00 dan harga penjualan Rp 67.500,00.
5. Sebuah toko memberikan diskon 20% untuk Sepatu dan 15% untuk
lainnya, Jika agus membeli sebuah sepatu dengan harga Rp 75.000,00 dan sebuah
sandal dengan harga Rp 60.000,00 maka berapa rupiahkan agus harus membayar
membayar sepatu dan sandal itu?
Jabung, 18 November 2011
Guru Mapel Guru PPL
Ni KETUT WEDASTUTI, S.Pd DEDI VERA NURKHOLIS
NIP.
198109262009022007 NIM. 0804090027
Mengetahui :
|
Kepala SMP Negeri 1 Jabung
|
Drs. SUBAKIR, M.MPd.
|
NIP. 195801121982031008
|
Bet on Casino! | JTM Hub
BalasHapusBet on Casino! on Casino! ✓ Join now and get 남원 출장샵 a $200 bonus 여수 출장마사지 when you join 속초 출장샵 today. Get exclusive bonuses 시흥 출장샵 & online 문경 출장마사지 casino games.