PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMP
Negeri 2 Pakis
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2011/2012
Target Nilai Portah :
55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
BILANGAN
1.
Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Ø Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
|
10
|
|
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam
pemeca han masalah.
|
Ø Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
|
8
|
|
||
ALJABAR 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1
Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
|
Ø Bentuk aljabar
|
4
|
|
|
2. 2
Melakukan operasi pada bentuk aljabar
|
Ø Bentuk aljabar
|
4
|
|
||
2.3.Menyelesaikan
pesamaan linear satu variabel.
|
Ø Persamaan linear satu variabel
|
4
|
|
||
2.4.
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Ø Pertidaksamaan linear satu variabel
|
4
|
|
||
ALJABAR 3.
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu
variabel,
|
3.1 Membuat
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
Ø Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
4
|
|
|
3.2
Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
linear satu variabel
|
Ø Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
4
|
|
||
3.3
Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang
sederhana
|
Ø Perbandingan dan aritmetika sosial
|
8
|
|
||
3.4
Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Ø Perbandingan
|
8
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
3
1
1
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
68
|
|
|||
2
|
ALJABAR
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
|
Ø Himpunan
|
4
|
|
4.2
Memahami konsep himpun an bagian
|
Ø Himpunan
|
4
|
|
||
4.3 Melaku
kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada
himpunan
|
Ø Himpunan
|
4
|
|
||
4.4 Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn
|
Ø Himpunan
|
8
|
|
||
4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
Ø Himpunan
|
8
|
|
||
GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
Ø Garis dan Sudut
|
4
|
|
|
5.2 Mema
hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua
garis sejajar berpotongan dengan garis lain
|
Ø Garis dan sudut
|
4
|
|
||
5.3 Melukis
sudut
|
Ø Garis dan sudut
|
4
|
|
||
5.4 Membagi
sudut
|
Ø Garis dan sudut
|
4
|
|
||
GEOMETRI
6. Memahami
konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1
Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
4
|
|
|
6.2
Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
10
|
|
||
6.3 Menghi tung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
8
|
|
||
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Ø Segitiga
|
8
|
|
||
Ulangan Harian
|
3
|
|
|||
Ulangan Mid Semester
|
1
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
4
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 2
|
88
|
|
Pakis , 26 Januari 2012
Guru Pamong, Guru PPL
Dra. SUHARIYATI
Dani Kurniawan NIP. 19690105 199903 2 003
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Pakis
Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP.
19530303 199903 1 01
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : MTs.
........................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester :
VIII / 1 dan 2
Tahun pelajaran :
Target Nilai Portah :
55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus
|
Melakukan operasi aljabar
|
Ø Bentuk aljabar
|
|
|
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar
ke dalam faktor-faktornya
|
Ø Bentuk aljabar
|
|
|
||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Ø Relasi dan fungsi
|
|
|
||
1.4 Menentu kan nilai fungsi
|
Ø Fungsi
|
|
|
||
1.5 Membuat sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
Ø Fungsi
|
|
|
||
1.6 Menentu kan gradien,
persamaan garis lurus
|
Ø Garis Lurus
|
|
|
||
ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua
variabel dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan
linear dua variabel
|
Ø Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
|
|
|
2.2 Membuat model matemati ka
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
Ø Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
|
|
||
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Ø Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
|
|
||
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
Geometri
dan Pengukuran
3.1 Mengguna kan Teorema Pythagoras
dalam pemecahan masalah
|
Ø Teorema Pythagoras
|
|
|
|
3.2 Memecahkan masalah
pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Ø Teorema Pythagoras
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
|
|
|||
2
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentu
kan unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
||
|
4.3 Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
|
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
|
4.5 Melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar suatu segitiga
|
Ø Lingkaran
|
|
|
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas,
dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Mengiden tifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
|
Ø Kubus, balok, prisma tegak, limas
|
|
|
|
5.2 Membuat jaring-jaring kubus,
balok, prisma dan limas
|
Ø Kubus, balok, prisma tegak, limas
|
|
|
||
5.3 Menghitung luas permukaan dan
volume kubus,balok, prisma dan limas
|
Ø
Kubus, balok,
prisma tegak, limas
|
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|
|
||
|
Ulangan Mid Semester
|
|
|
||
|
Remidi+Pengayaan
|
|
|
||
JUMLAH SEMESTER 2
|
|
|
.....................................
Mengetahui
Kepala
MTs. ........................ Guru Mata Pelajaran
................................................. .....................................
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : MTs. ........................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : IX / 1
dan 2
Tahun pelajaran :
Target Nilai Portah
: 55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang
sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
1.2 Mengiden tifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta
menentukan ukurannya
|
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung,
kerucut dan bola
|
Ø Tabung, kerucut, dan bola
|
|
|
|
2.2 Menghitung luas
selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung, kerucut, dan bola
|
|
|
||
2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan
tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung, kerucut, dan bola
|
|
|
||
STATISTIKA
DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentu kan rata-rata, median,
dan modus data tunggal serta penafsirannya
|
Ø Statistika
|
|
|
|
3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Ø Statistika
|
|
|
||
STATISTIKA
DAN PELUANG
4. Memahami
peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentu
kan ruang sampel suatu percobaan
|
Ø Peluang
|
|
|
|
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
Ø Peluang
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
|
|
|||
2
|
BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
sederhana
|
5.1 Mengiden tifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
5.2 Melakukan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
5.3 Memecah kan masalah
sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentu kan pola barisan
bilangan sederhana.
|
Ø Barisan dan Deret Aritmetika
Ø Barisan dan Deret Geometri
|
|
|
|
6.2 Menentu kan suku ke-n
barisan aritmatika dan barisan geometri
|
Ø Barisan dan Deret Aritmetika
Ø Barisan dan Deret Geometri
|
|
|
||
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret
geometri
|
Ø Barisan dan Deret Aritmetika
Ø Barisan dan Deret Geometri
|
|
|
||
6.4 Memecah kan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret
|
Ø Barisan dan Deret Aritmetika
Ø Barisan dan Deret Geometri
|
|
|
||
Ulangan Harian
|
|
|
|||
Ulangan Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 2
|
|
|
.....................................
Mengetahui
Kepala
MTs. ........................ Guru Mata Pelajaran
................................................. .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar