Selasa, 15 Mei 2012

program tahunan


PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                       :  SMP Negeri 2 Pakis
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas / Semester          :  VII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           :  2011/2012
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
BILANGAN
1.     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

10

1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

Ø  Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

8

ALJABAR                              2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

Ø  Bentuk aljabar

4

2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Ø  Bentuk aljabar
4

2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.

Ø  Persamaan linear satu variabel
4

2.4. Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

Ø  Pertidaksamaan linear satu variabel
4

ALJABAR                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel,
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
4

3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
4

3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

Ø  Perbandingan dan aritmetika sosial
8

3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
Ø  Perbandingan
8

Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
3
1
1

JUMLAH SEMESTER  1
68

2
ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Ø  Himpunan

4

4.2 Memahami konsep himpun an bagian

Ø  Himpunan
4

4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan


Ø  Himpunan
4

4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn


Ø  Himpunan
8

4.5  Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Ø  Himpunan
8

GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

Ø  Garis dan Sudut

4

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Ø  Garis dan sudut
4

5.3 Melukis sudut



Ø  Garis dan sudut
4

5.4 Membagi sudut



Ø  Garis dan sudut
4

GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya

Ø  Segiempat dan segitiga

4

6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

Ø  Segiempat dan segitiga

10

6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Ø  Segiempat dan segitiga

8

6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Ø  Segitiga
8

Ulangan Harian

3

Ulangan Mid Semester

1

Remidi+Pengayaan
4

JUMLAH SEMESTER  2
88



   Pakis , 26 Januari 2012
       Guru Pamong,                                                                    Guru PPL




 Dra. SUHARIYATI                                                                    Dani Kurniawan                       NIP. 19690105  199903 2 003
                       
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Pakis





   Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP. 19530303  199903 1 01





                    PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                       :  MTs. ........................
Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  VIII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           : 
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

            Melakukan operasi aljabar

Ø  Bentuk aljabar


1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

Ø  Bentuk aljabar


1.3 Memahami relasi dan fungsi

Ø  Relasi dan fungsi


1.4 Menentu kan nilai fungsi

Ø  Fungsi


1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius

Ø  Fungsi


1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus

Ø  Garis Lurus


ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua variabel


2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya

Ø  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Geometri dan Pengukuran
3.1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Ø  Teorema Pythagoras


3.2  Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Ø  Teorema Pythagoras


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran

Ø  Lingkaran


4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
Ø  Lingkaran



4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah

Ø  Lingkaran



4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

Ø  Lingkaran



4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
Ø  Lingkaran


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas


5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas


5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas

Ø  Kubus, balok, prisma tegak, limas



Ulangan Harian




Ulangan Mid Semester




Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2


              .....................................

                        Mengetahui                                                                      
                        Kepala MTs. ........................                                      Guru Mata Pelajaran



                        .................................................                                               .....................................
                                                                     
PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                       :  MTs. ........................
Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  IX  / 1 dan 2
Tahun pelajaran           : 
Target Nilai Portah     :  55

Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

Ø  Kesebangunan


1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Ø  Kesebangunan


1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
Ø  Kesebangunan


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

Ø  Tabung, kerucut, dan bola


2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola


Ø  Tabung, kerucut, dan bola


2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Ø  Tabung, kerucut, dan bola


STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
Ø  Statistika


3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

Ø  Statistika


STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang kejadian sederhana
4.1   Menentu kan ruang sampel suatu percobaan

Ø  Peluang


4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

Ø  Peluang


Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1


2
BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar


Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
Ø  Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana.

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
Ø  Barisan dan Deret Aritmetika

Ø  Barisan dan Deret Geometri


Ulangan Harian



Ulangan Mid Semester



Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2



               
                           .....................................

                        Mengetahui                                                                      
                        Kepala MTs. ........................                                      Guru Mata Pelajaran



                        .................................................                                               .....................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar