Selasa, 15 Mei 2012

RPP himpunan kosong


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tingkat  Satuan Pendidikan : SMP Negeri  2 Pakis
Mata Pelajaran                      :  Matematika
Kelas / Semester                   :  VIII/1
Alokasi  Waktu                      : 2 X 40 Menit (1x pertemuan)
I.       Standar Kompetensi       : 4.  Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
II.     Kompetensi  Dasar       : 4.1 Memahami pe-ngertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
III.   Indikator
a.       Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan definisi himpunan kosong dan notasinya
2. mengidentifikasi himpunan kosong dan bukan himpunan kosong
3. menyatakan notasi himpunan kosong dan himpunan nol           
b.      Afektif
1.      Perilaku Berkarakter
a)      Dapat dipercaya
b)      Menghargai
c)      Tanggung jawab individu
d)     Tanggung jawab sosial
e)      Adil
f)       Peduli
2.      Ketrampilan Sosial
a)      Bertanya
b)      Memberikan idea atau pendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)     Kerja sama
IV.   Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif
1.      Diberikan berbagai kalimat agar siswa mendefinisikan pengertian dari himpunan kosong.
2.      Diberikan  berbagai kalimat agar siswa mengidentifikasi himpunan kosong dan bukan himpunan kosong.
3.      Diberikan berbagai masalah tentang himpunan kosong dan siswa dapat menyatakan notasinya.
b.      Afektif
1.      Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)      Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d)     Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu teman atau guru.
e)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f)       Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang menbutuhkan.
2.      Ketrampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial berikut.
a)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)      Dalam proses pembelajaran dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)     Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
V.      Materi Ajar
Himpunan kosong dan notasinya.
Uraian Materi:
1. Himpunan Kosong
          Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota. Himpunan kosong dilambangkan dengan {  } atau . Banyaknya himpunan kosong adalah nol atau n(A)=0.
Misalkan: Himpunan manusia yang hidup di air
                   Himpunan orang-orang yang tingginya di atas 3 meter.

VI.   Metode Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Pemberian tugas
·         Inquiry
VII.   Alat / Bahan:
·         Papan tulis
·         Board marker
VIII.   Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan (±10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.

Memotivasi siswa tentang pentingnya  mempelajari himpunan.
Siswa dapat menjadi pendengar yang baik tentang penjelasan dari guru.


2.

Siswa diminta untuk dapat memberikan contoh himpunan kosong dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan kegiatan ini siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


3.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
Dalam kegiatan ini, siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat orang lain.



No.

Kegiatan
Karakter / Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa mendengarkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.


2.
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan worksheet.
Siswa dilatih mampu bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang lain.



3.






Siswa mampu memahami apa yang akan dilakukan pada kegiatan berkelompok.



Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk bertanggung jawab secara individu dan sosial dan dapat dipercaya.



4.




Siswa memahami karakteristik penilaian terhadap kelompok dan individu.


Dengan penjelasan ini siswa dapat bertanggung jawab terhadap kelompoknya dan diri sendiri.


5.
Siswa bekerja dalam masing-masing kelompok dengan menggunakan petunjuk dari guru sesuai dengan soal-soal yang diberikan oleh guru (untuk tiap anggota kelompok berbeda kode soal, tiap siswa mengerjakan kode soal yang berbeda).
Melakukan kegiatan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat, bertanya dan menjadi pendengar yang baik.


6.
Setiap kelompok menyelesaikan soal-soal definisi serta contohnya dan menyelesaikan soal kelompok yang telah diberikan.
Dalam kegiatan ini siswa dapat bekerjasama dalam kelompoknya, serta peduli terhadap kesulitan teman dalam kelompoknya.


7.
Setelah selesai menyelesaikan soal kelompok, setiap individu menyelesaikan soal individu sesuai dengan kode soal yang ada dalam worksheet.


Dalam kegiatan ini siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dan jujur dengan tidak mencontek kepada teman di luar kelompok.


8.
Siswa diminta aktif dalam memberikan ide dalam kelompok serta mengajukan pertanyaan.


Melalui kegiatan ini siswa dapat aktif dalam memberikan pertanyaan dan memberikan idea tau pendapat.


9.
Siswa mendengarkan pembahasan penyelesaian worksheet yang telah dikerjakan oleh siswa.

Melalui kegiatan ini siswa menjadi pendengar yang baik.



C.    Penutup (± 10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa didorong untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
Dengan kegitan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


2.
Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang diberikan sebagai umpan balik terhadap materi yang telah dipelajari.
Dengan pemberian soal siswa diharapkan dapat aktif dalam mengajukan pertanyaan dan ide-ide.


3.
Siswa diminta mengerjakan Evaluation Sheet sebagai tugas untuk dikerjakan di rumah.
Dalam kegiatan ini siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.



IX.   Sumber Pembelajaran:
- Buku paket, yaitu buku Matematika Piranti Kelas VII Semester 2.
- Worksheet kelompok.
-  Evaluation Sheet
X.            Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis, penugasan, kelompok.


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Evaluation Sheet
Menyatakan himpunan kosong dan tak kosong

Tes tertulis

Uraian
a.          Himpunan bilangan asli kurang dari 1
b.         Himpunan bilangan genap yang juga termasuk bilangan prima
c.          Himpunan bilangan cacah yang kurang dari 0
d.         Himpunan bilangan asli yang termasuk bilangan cacah
e.          Himpunan orang-orang yang tinggal di planet mars

Lampiran 1
Lembar kerja Siswa (worksheet)
Soal kelompok himpunan bilangan kosong
I. Di antara himpunan di bawah ini manakah yang termasuk himpunan kosong
1.      Himpunan orang yang tingginya lebih dari 300cm
2.      Himpunan orang yang beratnya lebih dari 600 kg
3.      Himpunan bilangan pecahan desimal antara 0,2 dan 0,7
4.      Himpunan manusia yang hidup di bulan
5.      Himpunan bilangan asli antara 0 dan 1
6.      Himpunan bilangan prima kurang dari 2
7.      Himpunan bilangan asli kurang dari 1
8.      Himpunan bilangan cacah lebih dari 10
9.      Himpunan bilangan genap kurang dari 2
10.  Himpunan bilangan ganjil kurang dari 1.000
Soal Individu
Buatlah 10 himpunan kosong yang kamu ketahui!
Lampiran 2
Soal evaluasi
Apakah himpunan di bawah ini termasuk himpunan kosong
Soal
Jawaban
f.          Himpunan bilangan asli kurang dari 1

g.         Himpunan bilangan genap yang juga termasuk bilangan prima

h.         Himpunan bilangan cacah yang kurang dari 0

i.           Himpunan bilangan asli yang termasuk bilangan cacah

j.           Himpunan orang-orang yang tinggal di planet mars


Lampiran  3
Tugas Rumah atau  PR  (Buku Piranti Latihan 5 hal 142)
Lampiran 4
Penilaian
Pedoman penilaian :
Lembar 1 :
Skor Individu :
1.         Setiap nomor benar mendapat skor 10
2.         Jawaban kurang sempurna mendapat nilai 2
Skor Kelompok :
·         Kerjasama kelompok bagus mendapat bonus poin
·         Soal kelompok 1 nomor  skor 8, kurang sempurna skor 2
Instrumen      : LP 1: Lembar Kerja Siswa (Worksheet)
Lembar 2 : Soal Evaluasi
1.      Setiap nomor benar mendapat skor 20
2.      Jawaban kurang sempurna mendapat nilai 5
Skor Akhir : Skor kelompok + Skor Individu + Evaluasi+ bonus
                                                        3

 
Keterangan
  1. Ketentuan penilaian


Kerjasama
Bonus
Bagus
20 Poin
Kurang Bagus
5 Poin
Tidak ada
0 Poin

 
 

2.      Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut.



Pakis , 25 Januari 2012
Guru Pamong,                                                                        Guru PPL



 Dra. SUHARIYATI                                                           Dani Kurniawan                     NIP. 19690105  199903 2 003                    
                       
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Pakis





Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP. 19530303  199903 1 01

1 komentar:

  1. Poker, Slots, Poker, Texas hold'em and more! - OK Casino Guru
    Poker, 넥스트 벳 Slots, 복불복 룰렛 Poker, Texas 365 bet hold'em hppilotes.com and more! Texas hold 'em and more! Poker, Slots, Poker, Texas hold'em 텐뱃 and more!

    BalasHapus