RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Pakis
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII/1
Alokasi Waktu :
4 x 40 Menit (2xPertemuan)
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
I.
Indikator
a. Kognitif
1.
Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan
pangkat pada bentuk aljabar.
2. Menerapkan
operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
b. Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
a) Dapat
dipercaya
b) Menghargai
c) Tanggung
jawab individu
d) Tanggung
jawab sosial
e) Adil
f) Peduli
2. Ketrampilan
Sosial
a) Bertanya
b) Memberikan
idea atau pendapat
c) Menjadi
pendengar yang baik
d) Kerja
sama
II.
Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Diberikan
berbagai kalimat agar siswa dapat mengoperasikan bentuk aljabar.
2. Diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat
menyelesaikan permasalahan yang menggunakan operasi hitung bentuk aljabar.
3. Diberikan
berbagai kalimat agar siswa mampu memecahkan masalah operasi bentuk aljabar
pada penerapannya.
b. Afektif
1. Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri
terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)
Dalam proses
belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya
sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan,
menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa
memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak
pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya siswa
mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu
teman atau guru.
e)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah
curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat
berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka
terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang
menbutuhkan.
2. Ketrampilan
sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial
berikut.
a)
Dalam diskusi kelompok atau
kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b)
Dalam diskusi kelompok atau
kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)
Dalam proses pembelajaran
dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)
Dalam diskusi kelompok, siswa
dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
III.
Materi
Ajar
Operasi bentuk aljabar
Uraian
a. Penjumlahan
dan Pengurangan Suku-suku Sejenis
Penyelesaian dari penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar adalah dengan mengelompokkan suku-suku sejenis, sehingga penyelesaian
dari penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar hanya didapat dari suku yang sejenis saja. Contoh:
Dari bentuk aljabar di atas dapat dinyatakan dalam
bentuk yang lebih sederhana dengan mengelompokkan suku-suku yang sejenis
sehingga diperoleh:
Untuk menyelesaikan penjumlahan atau
pengurangan bentuk aljabar dengan suku-suku sejenis dapat mengelompokkan dan
menyusun ke bawah. Seperti contoh berikut:
1.
Penjumlahan dari bentuk aljabar dan adalah?
+
2.
Kurangkan dengan .
+
b. Perkalian,
Pembagian, dan Pangkat Suku-suku Sejenis dan Tidak Sejenis
Dalam
perkalian dan pembagian bentuk aljabar, angka dioperasikan dengan angka
sedangkan variabel dioperasikan dengan variabel. Seperti contoh di bawah ini:
1.
Perkalian
a)
b)
c)
d)
2. Pembagian
a)
b) 2
c)
d)
3.
Pangkat
|
Untuk memahami
sifat perpangkatan maka perhatikan contoh berikut ini:
a)
b)
c)
d)
e)
c.
Perkalian
Suku Satu Dengan Suku Dua
Perkalian suku satu
dengan suku dua dapat dilakukan dengan menggunakan aturan distributif perkalian
terhadap penjumlahan atau pengurangan.
d. Perkalian
Suku Dua dengan Suku Dua
Untuk perkalian suku dua dengan suku dua
dapat dilakukan dengan cara berikut.
d.
Operasi
Bentuk Pecahan Aljabar
1. Penjumlahan
dan Pengurangan
Untuk penjumlahan dan pengurangan dari bentuk pecahan
aljabar, penyebut dari pecahan aljabar itu harus disamakan terlebih dahulu.
Pecahan yang penyebutnya belum sama harus disamakan dengan mencari KPK
(Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut-penyebutnya.
Contoh:
a)
b)
c)
d)
2. Perkalian,
Pembagian, dan Pangkat
Pada perkalian bentuk pecahan aljabar, pembilang
dikalikan dengan pembilang dan penyebut dikalikan dengan penyebut.
Untuk pembagian dinyatakan terlebih dahulu operasi
tersebut menjadi perkalian seperti aturan berikut.
Operasi pangkat dapat dinyatakan
perkalian yang berulang. Ada beberapa sifat dari operasi pangkat yang juga
berlaku dalam operasi pangkat pecahan aljabar.
a.
b.
c.
d.
IV.
Metode
Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Inquiry
V.
Alat
/ Bahan:
·
Papan tulis
·
Board marker
VI.
Proses
Belajar Mengajar
A. Pendahuluan (±10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/ Ketrampilan
social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Memotivasi siswa
tentang pentingnya mempelajari Operasi
Bentuk Aljabar
|
Siswa dapat menjadi
pendengar yang baik tentang penjelasan dari guru.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta untuk
dapat memberikan contoh operasi bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dengan kegiatan ini
siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli
terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
3.
|
Siswa mendengarkan
tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan.
|
Dalam kegiatan ini,
siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat
orang lain.
|
|
|
B. Kegiatan Inti (± 60 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter /
Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Siswa mendengarkan
informasi tentang materi yang akan dipelajari
|
Melalui kegiatan ini,
siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan
menghargai orang lain.
|
|
|
2.
|
Siswa dikelompokkan
menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan LKS-02.
|
Siswa dilatih mampu
bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang
lain.
|
|
|
3.
|
Siswa mengerjakan
soal pretest tindakan 2.
|
Dengan
kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk bertanggung jawab secara individu dan
sosial dan dapat dipercaya.
|
|
|
4.
|
Siswa memahami
karakteristik penilaian terhadap kelompok dan individu.
|
Dengan
penjelasan ini siswa dapat bertanggung jawab terhadap kelompoknya dan diri
sendiri.
|
|
|
5.
|
Siswa mendengarkan
penjelasan materi yang dipelajari.
|
|
|
|
5.
|
Siswa mengerjakan soal individu yang diberikan dalam LKS-02.
|
Melakukan kegiatan
ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli
dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat,
bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
6.
|
Setiap siswa
mendiskusikan hasil jawabannya kepada kelompok masing-masing.
|
Dalam kegiatan ini
siswa dapat bekerjasama dalam kelompoknya, serta peduli terhadap kesulitan
teman dalam kelompoknya.
|
|
|
7.
|
Setelah selesai
menyelesaikan dan mengumpulkannya, siswa mendengarkan pembahasan jawaban soal
individu.
|
Dalam kegiatan
ini siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dan jujur dengan
tidak mencontek kepada teman di luar kelompok.
|
|
|
C. Penutup (± 10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/ Ketrampilan
Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Siswa didorong untuk
membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
|
Dengan kegitan ini,
siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta
bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta
mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan sebagai umpan balik terhadap
materi yang telah dipelajari.
|
Dengan pemberian soal
siswa diharapkan dapat aktif dalam mengajukan pertanyaan dan ide-ide.
|
|
|
3.
|
Siswa menjawab
pertanyaan guru sebagai umpan balik pembelajaran yang telah dilakukan.
|
Dalam kegiatan ini
siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
|
|
|
VII.
Sumber
Pembelajaran:
- Buku paket,
yaitu buku Matematika Piranti Kelas VII
Semester 1.
- LKS
Canggih
- Worksheet
kelompok.
- Evaluation
Sheet
VIII.
Penilaian
Hasil Belajar
Tes tertulis, penilaian antar teman,
penugasan, kelompok.
Lampiran
1
Lembar
kerja Siswa 02 (worksheet)
Lampiran
2
Soal
evaluasi
Soal
|
Jawaban
|
1.
Jika A = dan B = . Maka hitunglah
a.
A + B
b.
2A – B
c.
2A – 2B
|
|
2.
Jika A = , B =, dan C =. Maka hitunglah
a.
A + B + C
b.
2A – B + 2C
c.
3A + 2B – 3C
|
|
3. Jika . Maka tentukan
a.
b.
c.
|
|
Lampiran 3
Tugas
Rumah atau PR (Buku Piranti
Latihan 15 hal 94)
Lampiran
4
Penilaian
Pedoman
penilaian :
Lembar
1 :
Skor
Individu :
1.
Setiap nomor
benar mendapat skor 20
2.
Jawaban kurang sempurna
mendapat nilai 5
Skor
Kelompok :
·
Kerjasama
kelompok bagus mendapat bonus poin
·
Soal kelompok 1
nomor skor 16, kurang sempurna skor 2
Instrumen
: LP 1: Lembar Kerja Siswa
(Worksheet)
Lembar
2 : Soal Evaluasi
Skor
Individu :
1. Setiap
nomor benar mendapat skor 30
2.
Jawaban
kurang sempurna mendapat nilai 5
Lampiran
5
RUBRIK
PENILAIAN KELOMPOK
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelompok
|
SKOR KELOMPOK
|
SKOR INDIVIDU
|
Evaluasi
|
SKOR AKHIR
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
-
KerjasamaBonusBagus20 PoinKurang Bagus5 PoinTidak ada0 Poin
2. Poin
bonus berdasarkan ketentuan berikut.
Pakis , 17
November 2011
Guru
Pamong, Guru
PPL
Dra.
SUHARIYATI Dani
Kurniawan NIP. 19690105 199903 2 003
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Pakis
Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP.
19530303 199903 1 01
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Pakis
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit (2xPertemuan)
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenali bentuk aljabar
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
I.
Indikator
a. Kognitif
1.
Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan
pangkat pada bentuk aljabar.
2.
Menerapkan operasi hitung pada bentuk
aljabar untuk menyelesaikan soal
b. Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
a) Dapat
dipercaya
b) Menghargai
c) Tanggung
jawab individu
d) Tanggung
jawab sosial
e) Adil
f) Peduli
2. Ketrampilan
Sosial
e) Bertanya
f) Memberikan
idea atau pendapat
g) Menjadi
pendengar yang baik
h) Kerja
sama
II.
Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Diberikan
berbagai kalimat agar siswa dapat mengoperasikan bentuk aljabar.
2. Diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat
menyelesaikan permasalahan yang menggunakan operasi hitung bentuk aljabar.
3. Diberikan
berbagai kalimat agar siswa mampu memecahkan masalah operasi bentuk aljabar
pada penerapannya.
b. Afektif
1. Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri
terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)
Dalam proses
belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya
sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan,
menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa
memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak
pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya siswa
mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu
teman atau guru.
e)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah
curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat
berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka
terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang
menbutuhkan.
2. Ketrampilan
sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial
berikut.
a)
Dalam diskusi kelompok atau
kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b)
Dalam diskusi kelompok atau
kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)
Dalam proses pembelajaran
dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)
Dalam diskusi kelompok, siswa
dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
III.
Materi
Ajar
Mengenali bentuk aljabar
Uraian
1.
Pengertian
bentuk aljabar
Bentuk aljabar
adalah bentuk kalimat matematika yang menyatakan angka sebagai koefisien,
konstanta, faktor, sementara huruf sebagai variabel atau peubah. Seperti dalam
contoh pada bentuk 2x, 2 dan x disebut faktor. Pada bentuk 3x + 2, x disebut
variabel atau peubah, 3 disebut koefisien, 2 disebut konstanta.
Variabel dan peubah berbentuk huruf
atau lambang lainnya. Koefisien adalah bilangan di depan peubah (variabel), dan
konstanta adalah bilangan tanpa peubah (variabel).
2.
Suku-suku
sejenis dan tidak sejenis
Bentuk
sejenis adalah bentuk aljabar yang mempunyai variabel sama dengan pangkat yang
sama pula.
Bentuk
dan , dan , dan adalah bentuk aljabar sejenis. Sementara
bentuk dan , dan , dan bukan suku sejenis.
Bentuk
aljabar yang mempunyai suku yang tidak sejenis lebih dari satu disebut suku
banyak atau polinomial. Misalnya
Maka
pada operasi bentuk aljabar juga dikenal suku banyak sebagai berikut:
·
Suku dua
atau binomial adalah suku banyak dengan dua suku, misalnya ,.
·
Suku tiga
atau trinomial adalah suku banyak dengan tiga suku, misalnya , .
IV. Metode Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Inquiry
V.
Alat
/ Bahan:
·
Papan tulis
·
Board marker
VI.
Proses
Belajar Mengajar
A. Pendahuluan (±10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/ Ketrampilan
social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Memotivasi siswa
tentang pentingnya mempelajari Operasi
Bentuk Aljabar
|
Siswa dapat menjadi
pendengar yang baik tentang penjelasan dari guru.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta untuk
mengerjakan soal pretest tindakan 1.
|
Dengan kegiatan ini
siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli
terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
3.
|
Siswa mendengarkan
tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan.
|
Dalam kegiatan ini,
siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat
orang lain.
|
|
|
B. Kegiatan Inti (± 60 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter /
Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Siswa mendengarkan
informasi tentang materi yang akan dipelajari
|
Melalui kegiatan ini,
siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan
menghargai orang lain.
|
|
|
2.
|
Siswa dikelompokkan
menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan LKS-01.
|
Siswa dilatih mampu
bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang
lain.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu memahami
apa yang akan dilakukan pada kegiatan berkelompok.
|
Dengan
kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk bertanggung jawab secara individu dan
sosial dan dapat dipercaya.
|
|
|
4.
|
Siswa memahami
karakteristik penilaian terhadap kelompok dan individu.
|
Dengan
penjelasan ini siswa dapat bertanggung jawab terhadap kelompoknya dan diri
sendiri.
|
|
|
5.
|
Siswa mendengarkan
penjelasan materi yang dipelajari.
|
|
|
|
5.
|
Siswa
mengerjakan soal individu yang
diberikan dalam LKS-01.
|
Melakukan kegiatan
ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli
dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat,
bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
6.
|
Setiap siswa
mendiskusikan hasil jawabannya kepada kelompok masing-masing.
|
Dalam kegiatan ini
siswa dapat bekerjasama dalam kelompoknya, serta peduli terhadap kesulitan
teman dalam kelompoknya.
|
|
|
7.
|
Setelah selesai
menyelesaikan dan mengumpulkannya, siswa mendengarkan pembahasan jawaban soal
individu.
|
Dalam kegiatan
ini siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dan jujur dengan tidak
mencontek kepada teman di luar kelompok.
|
|
|
C. Penutup (± 10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/ Ketrampilan
Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Siswa didorong untuk
membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
|
Dengan kegitan ini,
siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta
bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta
mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan sebagai umpan balik terhadap
materi yang telah dipelajari.
|
Dengan pemberian soal
siswa diharapkan dapat aktif dalam mengajukan pertanyaan dan ide-ide.
|
|
|
3.
|
Siswa menjawab
pertanyaan guru sebagai umpan balik pembelajaran yang telah dilakukan.
|
Dalam kegiatan ini
siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
|
|
|
VII.
Sumber
Pembelajaran:
- Buku paket,
yaitu buku Matematika Piranti Kelas VII Semester 1.
- LKS
Canggih
- Worksheet
kelompok.
- Evaluation
Sheet
VIII.
Penilaian
Hasil Belajar
Tes tertulis, penilaian antar teman,
penugasan, kelompok.
Lampiran
1
Lembar
kerja Siswa 02 (worksheet)
Lampiran
2
Soal
evaluasi
Soal
|
Jawaban
|
1.
Jika A = dan B = . Maka hitunglah
a.
A + B
b.
2A – B
c.
2A – 2B
|
|
2.
Jika A = , B =, dan C =. Maka hitunglah
d.
A + B + C
e.
2A – B + 2C
f.
3A + 2B – 3C
|
|
3. Jika . Maka tentukan
d.
e.
f.
|
|
Lampiran 3
Tugas
Rumah atau PR (Buku Piranti
Latihan )
Lampiran
4
Penilaian
Pedoman
penilaian :
Lembar
1 :
Skor
Individu :
1.
Setiap nomor
benar mendapat skor 20
2.
Jawaban kurang
sempurna mendapat nilai 5
Skor
Kelompok :
·
Kerjasama
kelompok bagus mendapat bonus poin
·
Soal kelompok 1
nomor skor 16, kurang sempurna skor 2
Instrumen
: LP 1: Lembar Kerja Siswa
(Worksheet)
Lembar
2 : Soal Evaluasi
Skor
Individu :
1. Setiap
nomor benar mendapat skor 30
2.
Jawaban kurang sempurna mendapat nilai 5
Lampiran
5
RUBRIK
PENILAIAN KELOMPOK
NO
|
NAMA SISWA
|
Kelompok
|
SKOR KELOMPOK
|
SKOR INDIVIDU
|
Evaluasi
|
SKOR AKHIR
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
- Ketentuan penilaian
|
4. Poin
bonus berdasarkan ketentuan berikut.
Pakis , 17
November 2011
Guru
Pamong, Guru
PPL
Dra.
SUHARIYATI Dani
Kurniawan NIP. 19690105 199903 2 003
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Pakis
Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP.
19530303 199903 1 01
Tidak ada komentar:
Posting Komentar