RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Pakis
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VII/1
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit (1x
pertemuan)
I. Standar
Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
II. Kompetensi Dasar :
3.1 menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
III. Indikator
a. Kognitif
1. Menjelaskan
pengertian skala, foto, dan model berskala.
2. Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai.
3. Menyelesaikan soal perbandingan senilai atau seharga.
4. Menyelesaikan soal
perbandingan berbalik nilai.
b. Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
a) Dapat
dipercaya
b) Menghargai
c) Tanggung
jawab individu
d) Tanggung
jawab sosial
e) Adil
f) Peduli
2. Ketrampilan
Sosial
a) Bertanya
b) Memberikan
ide atau pendapat
c) Menjadi
pendengar yang baik
d) Kerja
sama
IV. Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Siswa
diberikan berbagai kalimat agar siswa mengenali perbandingan dalam masalah sehari hari.
2. Siswa
diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat mendeskripsikan skala, foto, dan model berskala.
3. Siswa diberikan berbagai kalimat perbandingan agar siswa dapat
mendeskripsikan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
4. Siswa diberikan
contoh masalah perbandingan sehari-hari agar siswa dapat mendeskripsikan perbandingan
senilai dan berbalik nilai.
5. Siswa dapat
menyelesaikan perbandingan senilai atau seharga.
6. Siswa dapat
menyelesaikan perbandingan berbalik nilai.
b. Afektif
1. Perilaku
berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri
terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a) Dalam
proses belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya.
Diantaranya sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang
diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya
siswa memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya
siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberiakan, dapat dipercaya/diandalkan,
tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya
siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela
membantu teman atau guru.
e) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak
pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat
berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f) Dalam
proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa
peka terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang
menbutuhkan.
2. Ketrampilan
sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial
berikut.
a) Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b) Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c) Dalam
proses pembelajaran dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d) Dalam
diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
V. Materi
Ajar
Perbandigan,
mengenai :
1.
Pengertian skala, foto, dan model skala.
2.
Pemecahan masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan
senilai dan berbalik nilai.
3.
Menyelesaikan soal perbandingan atau seharga.
4.
Menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai.
Uraian :
Ø Skala adalah ukuran
gambar : ukuran sebenarnya.
Ø Foto atau model
berskala adalah gambar atau benda yang memiliki bentuk sama dengan aslinya,
hanya diperbesar atau diperkecil.
-
Faktor pembesaran = ukuran besar
ukuran kecil
-
Faktor pengecilan = ukuran kecil
ukuran besar
Ø Contoh masalah
sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
contoh :
1.
Berapakah harga 4 buku tulis jika andi membeli 10 buku
tulis dengan harga Rp. 10.000,-
Jawab :
a.
Perbandingan jumlah buku = 4 buku = harga 4 buku
10 buku Rp. 10.000,-
sehingga Harga 4 buku = 4 x Rp.
10.000,- = Rp. 4.000,-
10
Ø Soal perbandingan
senilai atau seharga
contoh :
harga 1 lusin piring adalah Rp. 42.000,00. hitunglah
berapa harga 10 buah piring?
jawab: 1 lusin = 12 buah = Rp. 42.000,00
10 buah = Rp. ...........
1.
Mencari harga satuan
harga 1 buah
piring = Rp. 42.000,00 : 12 = Rp. 3.500,00
harga 10 buah
piring= 10 x Rp. 3.500,00 = Rp. 35.000,00
2.
Dengan perbandingan
harga 10 buah
piring= 10 x Rp. 42.000,00 = Rp 35.000,00
12
Ø Soal perbandingan
berbalik nilai
soal perbandingan berbalik nilai dapat diselesaikan dengan 2 cara
i.
dengan mencari hasil kali
ii.
dengan perbandingan
contoh:
Seorang pemborong bangunan, sanggup menyelesaikan sebuah
jembatan selama 6 bulan dengan pekerja sebanyak 8 orang. apabila pemborong
menginginkan jembatan tersebut dalam 4 bulan hitunglah berapa orang pekerja
yang dibutuhkan.
6
bulan 8 orang
4
bulan .... orang
cara (i) mencari hasil kali
hasil kalinya = 6 x 8
Jadi jumlah pekerja yang diperlukan = 6 x 8 orang =
12 orang
4
cara (ii) dengan perbandingan
Jumlah pekerja yang diperlukan= 6 x 8 orang = 12
orang
4
VI. Metode
Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Demonstrasi
VII. Alat / Bahan:
·
Papan tulis
·
Board marker
VIII. Proses
Belajar Mengajar
A.
Pendahuluan
(±10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/
Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Memotivasi siswa
dengan memberi penjelasan pentingnya pembelajaraan perbandingan
|
Siswa diminta
mengemukakan pendapat (ide), bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta mendeskripsikan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
|
Dengan kegiatan ini
siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli
terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
3.
|
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran
kooperatif.
|
Dalam kegiatan ini,
siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat
orang lain.
|
|
|
B.
Kegiatan
Inti (± 60 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
/ Ketrampilan social
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Siswa dikelompokkan
menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan worksheet setiap kelompok petunjuk kegiatan yang akan
dikerjakan.
|
Siswa dilatih mampu
bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang
lain.
|
|
|
2.
|
Siswa menerima
informasi dari guru tentang materi
yang akan dipelajari
|
Melalui kegiatan ini,
siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan
menghargai orang lain.
|
|
|
3.
|
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang skala, foto, dan model
berskala.
|
Melalui kegiatan ini,
siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan
menghargai orang lain.
|
|
|
4.
|
Siswa mendengarkan penjelasan tentang materi perbandingan serta
contoh-contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
5.
|
Siswa memahami perbandingan senilai dan berbalik nilai, serta dapat
memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa bertanggung jawab dengan materi yang telah diberikan.
|
|
|
6.
|
Siswa bekerja dalam
masing-masing kelompok dengan menggunakan petunjuk dari guru sesuai dengan
soal-soal yang diberikan oleh guru (untuk tiap kelompok
sama tetapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa
dengan nomor sama mendapat tugas yang sama).
|
Melakukan kegiatan
ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli
dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat,
bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
7.
|
Presentasi
kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi
diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan
hasil kuis dan beri reward.
|
Melalui kegitan ini,
siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan
menghargai orang lain,dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat,
bertanya, dan menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
8.
|
Siswa diberikan soal tentang perbandingan :
1.
bentuk sederhana dari 50 menit : 1,5 jam
adalah........
2.
Sebuah gambar rancangan gedung mempunyai skala 1
: 1200. Jika tinggi gedung sesungguhnya
60 meter, tinggi gedung pada gambar adalah.......
3.
Jika harga selusin piring Rp 30.000,00 harga
perbijinya adalah........
4.
nilai matematika agus 7,5 dan nilai matematika
yuni 8,5. berapakah perbandingan nilai keduanya.....
5.
Skala peta 1 : 500.000. jarak dua kota pada
gambar 8 cm, maka jarak dua kota sesungguhnya adalah........
|
Melalui kegiatan ini,
siswa dilatihkan untuk berpikir kritis, mengemukakan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, bertanggung jawab secara individu dan sosial.
|
|
|
C.
Penutup
(± 10 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/
Ketrampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/ Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Siswa didorong untuk
membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari (fase5)
|
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani
berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.
|
|
|
2.
|
Siswa diminta
mengerjakan Evaluation Sheet secara
individu, dan pemberian feedback serta
penyajian skor individu dan kelompok mengacu pada rubrik penilaian.
|
Dengan mengerjakan Evaluation Sheet, siswa dilatihkan
bertanggung jawab secara individu dan social, adil serta dapat dipercaya.
|
|
|
3.
|
Siswa diminta untuk
mengisi Lembar Penilaian Diri secara individu.
|
Dengan mengisi Lembar
Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya.
|
|
|
IX.
Sumber
Pembelajaran:
- Buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VII Semester 1, penerbit Piranti
- Worksheet
- LKS
X.
Penilaian
Penilaian individu :
1. Setiap
nomor benar diberi skor 25
2. Jawaban
kurang sempurna skor 5
3. Total
skor maksimal = 100
Penilaian
kelompok :
1. Jawaban
kelompok benar diberi skor 20
2. Kerjasama
tim diberi poin bonus
Keterangan:
1.
Poin bonus
kelompok berdasarkan ketentuan berikut.
Kerjasama
|
Bonus
|
Bagus
|
20 Poin
|
Kurang Bagus
|
5 Poin
|
Tidak ada
|
0 Poin
|
.
2.
Skor akhir
individu siswa adalah skor individu ditambah skor kelompok dan bonus kelompok.
XI.
Lampiran
Lampiran
1
Gurun menjelaskan materi perbandingan seperti:
Ø Skala adalah ukuran
gambar : ukuran sebenarnya.
Ø Foto atau model
berskala adalah gambar atau benda yang memiliki bentuk sama dengan aslinya,
hanya diperbesar atau diperkecil.
-
Faktor pembesaran = ukuran besar
ukuran kecil
-
Faktor pengecilan = ukuran kecil
ukuran besar
Ø Contoh masalah
sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
contoh :
2.
Berapakah harga 4 buku tulis jika andi membeli 10 buku
tulis dengan harga Rp. 10.000,-
Jawab :
b.
Perbandingan jumlah buku = 4 buku = harga 4
buku
10 buku Rp. 10.000,-
sehingga Harga 4 buku = 4 x Rp.
10.000,- = Rp. 4.000,-
10
Ø Soal perbandingan
senilai atau seharga
contoh :
harga 1 lusin piring adalah Rp. 42.000,00. hitunglah
berapa harga 10 buah piring?
jawab: 1 lusin = 12 buah = Rp. 42.000,00
10 buah = Rp. ...........
3.
Mencari harga satuan
harga 1 buah
piring = Rp. 42.000,00 : 12 = Rp. 3.500,00
harga 10 buah
piring= 10 x Rp. 3.500,00 = Rp. 35.000,00
4.
Dengan perbandingan
harga 10 buah
piring= 10 x Rp. 42.000,00 = Rp 35.000,00
12
Ø Soal perbandingan
berbalik nilai
soal perbandingan berbalik nilai dapat diselesaikan dengan 2 cara
iii.
dengan mencari hasil kali
iv.
dengan perbandingan
contoh:
Seorang pemborong bangunan, sanggup menyelesaikan sebuah
jembatan selama 6 bulan dengan pekerja sebanyak 8 orang. apabila pemborong
menginginkan jembatan tersebut dalam 4 bulan hitunglah berapa orang pekerja
yang dibutuhkan.
6
bulan 8 orang
4
bulan .... orang
cara (i) mencari hasil kali
hasil kalinya = 6 x 8
Jadi jumlah pekerja yang diperlukan = 6 x 8 orang =
12 orang
4
cara (ii) dengan perbandingan
Jumlah pekerja yang diperlukan= 6 x 8 orang = 12 orang
4
Lampiran
2
A. Soal Individu
SOAL KODE A
1. Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 6 cm, sedangkan
jarak sebenarnya adalah 12 km. tentukan
a. Skala peta
b. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2. Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 20 cm
b. Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3. Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 4 kali.
Hitunglah:
a. Panjang dan lebar foto
setelah diperbesar.
b. Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4. Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 10cm, lebar 8cm, dan
tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 100 meter.
a. Tentukan pembesaranya.
b. Lebar dan tinggi sebenarnya.
SOAL KODE B
1.
Jarak kedua kota A dan kota
B pada peta adalah 8 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 16 km. tentukan
a. Skala peta
b. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.
Skala suatu peta 1:50.000.
hitunglah:
a. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 25 cm
b. Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 20km.
3.
Sebuah foto dengan ukuran
(3x4) cm. jika foto diperbesar 6 kali. Hitunglah:
a. Panjang dan lebar foto
setelah diperbesar.
b. Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.
Sebuah miniatur monas
mempunyai panjang 12cm, lebar 10cm, dan tinggi 24 cm. jika panjang monas
sebenarnya adalah 120 meter.
a. Tentukan pembesaranya.
b. Lebar dan tinggi sebenarnya.
SOAL KODE C
1. Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 7 cm, sedangkan
jarak sebenarnya adalah 14 km. tentukan
a. Skala peta
b. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2. Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 30 cm
b. Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 15km.
3. Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 7 kali.
Hitunglah:
a. Panjang dan lebar foto
setelah diperbesar.
b. Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4. Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 15cm, lebar 10cm, dan
tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 120 meter.
a. Tentukan pembesaranya.
b. Lebar dan tinggi sebenarnya.
SOAL KODE D
1.
Jarak kedua kota A dan kota
B pada peta adalah 9 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 18 km. tentukan
a. Skala peta
b. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.
Skala suatu peta 1:50.000.
hitunglah:
a. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 15 cm
b. Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3.
Sebuah foto dengan ukuran
(3x4) cm. jika foto diperbesar 8 kali. Hitunglah:
a. Panjang dan lebar foto
setelah diperbesar.
b. Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.
Sebuah miniatur monas
mempunyai panjang 20cm, lebar 12cm, dan tinggi 40 cm. jika panjang monas
sebenarnya adalah 150 meter.
a. Tentukan pembesaranya.
b. Lebar dan tinggi sebenarnya.
SOAL KODE E
1. Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 6 cm, sedangkan
jarak sebenarnya adalah 12 km. tentukan
c. Skala peta
d. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2. Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
c. Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 20 cm
d. Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3. Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 4 kali.
Hitunglah:
a. Panjang dan lebar foto
setelah diperbesar.
b. Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4. Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 10cm, lebar 8cm, dan
tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 100 meter.
a. Tentukan pembesaranya.
b. Lebar dan tinggi sebenarnya.
Lampiran 3
SOAL KELOMPOK
Kerjakan soal
di bawah ini dengan benar!
1.
Suatu peta menyatakan skala
1:200.000. Jika jarak kota A menuju kota B adalah 15 cm. Maka jarak sebenarnya
adalah…..
2.
Jarak kecamatan Tumpang dan
Kecamatan Kepanjen pada peta adalah 25 cm, jika jarak sebenarnya adalah 10km
berapakah skala yang ada dalam peta?
3.
Foto dengan ukuran (4 x 6)
akan diperbesar 5 kali dari ukuran semula. Hitunglah:
a.
Panjang dan lebar setelah
diperlebar.
b.
Keliling dan Luas setelah
diperlebar.
4.
Manakah yang merupakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai:
a.
Banyaknya halaman buku
dengan tebalnya buku
b.
Banyaknya petani dengan
luas sawah yang dicangkul
c.
Banyaknya ular dan
banyaknya tikus di sawah
d.
Banyaknya kuli bangunan
dengan cepatnya pengerjaan bangunan
e.
Kecepatan motor dengan
lamanya waktu tempuh
5.
Seorang nasabah mendapat
bunga dari Bank sebesar Rp 1.500.000 setelah menabung 10 bulan. Berapakah bunga
yang didapat nasabah jika ia menabung :
a.
4 bulan c.
12 bulan
b. 20 bulan d.
8 bulan
6. Seorang pengendara motor menempuh perjalanan ke kota Pasuruan
dengan kecepatan 45 km/jam selama 1 jam. Jika ia menggunakan mobil dengan
kecepatan 75 km/jam, berapakah waktu yang ditempuh pengendara mobil?
7. Di suatu perkemahan Pramuka tersedia makanan untuk 72 orang
Pramuka selama 6 hari. Jika ternyata ada 18 orang yang tidak hadir, berapa lama
makanan itu memenuhi kebutuhan mereka?
8. Sepuluh ekor kuda dapat menghabiskan sebuah areal rumput selama
4 hari. Jika 6 ekor kuda bergabung maka berapa hari areal rumput itu akan habis?
Lampiran 4
Guru
memberikan tugas di Buku LKS Canggih hal 54-55. Penerbit: Gema Nusa.
Lampiran
4
Evaluation Sheet
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
1.
2.
3.
4.
5.
2.
|
Sebuah denah rumah dengan skala 1:500. Bila rumah itu mempunyai pada
peta 15cm x 20 cm. maka hitunglah:
b.
Panjang
dan lebar bangunan sesungguhnya.
c.
Luas
dan keliling ukuran sesungguhnya.
Seorang pengendara motor menempuh jarak tertentu dengan kecepatan 45
km/jam selama 2 jam. Jika ia menggunakan mobil dengan kecepatan rata-rata 75
km/jam, berapakah waktu yang waktu yang dibutuhkan pengendara mobil?
Diperlukan waktu 2 jam untuk memindahkan sejumlah barang dengan pekerja
4 oarang. Jika pekerja ditambah menjadi 20 orang, maka perkerjaan akan
selesai dalam waktu?
Sebuah konveksi selama 6 hari dapat membuat 160 potong baju. Berapakah
banyaknya baju yang dapat dibuat selama 14 hari?
Suatu asrama mempunyai persediaan makanan untuk 40 oarang selama 22
hari. Jika dalam asrama itu bertambah 8 orang lagi maka berapa hari
persediaan makanan itu?
|
|
Pakis
, 24 November 2011
Guru Pamong, Guru mata pelajaran
Dra.
SUHARIYATI Dani Kurniawan NIP. 19690105 199903 2 003
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 2 Pakis
Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP.
19530303 199903 1 010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar