Selasa, 15 Mei 2012

RPP perbandingan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat  Satuan Pendidikan    : SMP Negeri  2 Pakis
Mata Pelajaran                        :  Matematika
Kelas / Semester                      :  VII/1
Alokasi  Waktu                       : 2 X 40 menit (1x pertemuan)

I.      Standar Kompetensi         : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
II.      Kompetensi  Dasar           : 3.1 menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
III.   Indikator
a.       Kognitif
1.      Menjelaskan pengertian skala, foto, dan model berskala.
2.      Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
3.      Menyelesaikan soal perbandingan senilai atau seharga.
4.      Menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai.
b.      Afektif
1.      Perilaku Berkarakter
a)      Dapat dipercaya
b)      Menghargai
c)      Tanggung jawab individu
d)     Tanggung jawab sosial
e)      Adil
f)       Peduli
2.      Ketrampilan Sosial
a)      Bertanya
b)      Memberikan ide  atau pendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)     Kerja sama
IV.   Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif
1.      Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa mengenali perbandingan dalam masalah sehari hari.
2.      Siswa diberikan berbagai kalimat agar siswa dapat mendeskripsikan skala, foto, dan model berskala.
3.      Siswa  diberikan berbagai kalimat perbandingan agar siswa dapat mendeskripsikan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
4.      Siswa diberikan contoh masalah perbandingan sehari-hari agar siswa dapat mendeskripsikan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
5.      Siswa dapat menyelesaikan perbandingan senilai atau seharga.
6.      Siswa dapat menyelesaikan perbandingan berbalik nilai.

b.      Afektif
1.      Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penelitian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)      Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya sikap jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberiakan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannaya.
d)     Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih tanggung jawab sosial. Diantarannya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu teman atau guru.
e)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain atau berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah menggambil keuntungan dari yang lain.
f)       Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap peka perasaan orang lain, mencoba membantu siswa /guru yang menbutuhkan.
2.      Ketrampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,dan siswa diberi kesempatan menunjukkan ketrampilan sosial berikut.
a)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan
b)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)      Dalam proses pembelajaran dikelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)     Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
V.      Materi Ajar
Perbandigan, mengenai :
1.        Pengertian skala, foto, dan model skala.
2.        Pemecahan masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
3.        Menyelesaikan soal perbandingan atau seharga.
4.        Menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai.
    Uraian :
Ø  Skala adalah ukuran gambar : ukuran sebenarnya.
Ø  Foto atau model berskala adalah gambar atau benda yang memiliki bentuk sama dengan aslinya, hanya diperbesar atau diperkecil.
-            Faktor pembesaran = ukuran besar
               ukuran kecil
-            Faktor pengecilan = ukuran kecil
             ukuran besar

Ø  Contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
contoh :
1.      Berapakah harga 4 buku tulis jika andi membeli 10 buku tulis dengan harga Rp. 10.000,-
Jawab :
a.       Perbandingan jumlah buku = 4 buku = harga 4 buku
    10 buku    Rp. 10.000,-
      sehingga Harga 4 buku = 4 x Rp. 10.000,- = Rp. 4.000,-
                                              10
Ø  Soal perbandingan senilai atau seharga
contoh :
harga 1 lusin piring adalah Rp. 42.000,00. hitunglah berapa harga 10 buah piring?
jawab: 1 lusin = 12 buah = Rp. 42.000,00
                           10 buah = Rp. ...........
1.      Mencari harga satuan
harga 1 buah piring = Rp. 42.000,00 : 12 = Rp. 3.500,00
harga 10 buah piring= 10 x Rp. 3.500,00 = Rp. 35.000,00
2.      Dengan perbandingan
harga 10 buah piring= 10 x Rp. 42.000,00 = Rp 35.000,00
                                    12
Ø  Soal perbandingan berbalik nilai
soal perbandingan berbalik nilai dapat diselesaikan dengan 2 cara
                                i.            dengan mencari hasil kali
                              ii.            dengan perbandingan
contoh:
Seorang pemborong bangunan, sanggup menyelesaikan sebuah jembatan selama 6 bulan dengan pekerja sebanyak 8 orang. apabila pemborong menginginkan jembatan tersebut dalam 4 bulan hitunglah berapa orang pekerja yang dibutuhkan.
6 bulan       8 orang
4 bulan       .... orang
cara (i) mencari hasil kali
hasil kalinya = 6 x 8
Jadi jumlah pekerja yang diperlukan = 6 x 8 orang = 12 orang
                                                                     4
cara (ii) dengan perbandingan
Jumlah pekerja yang diperlukan= 6 x 8 orang = 12 orang
                                                      4
VI.   Metode Pembelajaran.
Metode pembelajaran:
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Pemberian tugas
·         Demonstrasi
VII.   Alat / Bahan:
·         Papan tulis
·         Board marker
VIII.   Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan (±10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.

Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan pentingnya pembelajaraan perbandingan
Siswa diminta mengemukakan pendapat (ide), bertanggung jawab secara individu.


2.

Siswa diminta mendeskripsikan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
Dengan kegiatan ini siswa dilatihkan untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran kooperatif.
Dalam kegiatan ini, siswa dilatihkan menjadi pendengar yang baik, peduli dan mengahargai pendapat orang lain.





B.     Kegiatan Inti (± 60 Menit)
No.

Kegiatan
Karakter / Ketrampilan social
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok diberikan worksheet  setiap kelompok petunjuk kegiatan yang akan dikerjakan.
Siswa dilatih mampu bekerjasama, bertanggung jawab secara sosial, peduli dan menghargai orang lain.


2.
Siswa menerima informasi dari guru  tentang materi yang akan dipelajari
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.


3.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang skala, foto, dan model berskala.
Melalui kegiatan ini, siswa dilatih menjadi pendengar yang baik dan aktif bertanya, peduli dan menghargai orang lain.


4.
Siswa mendengarkan penjelasan tentang materi perbandingan serta contoh-contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi pendengar yang baik.


5.
Siswa memahami perbandingan senilai dan berbalik nilai, serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa bertanggung jawab dengan materi yang telah diberikan.


6.
Siswa bekerja dalam masing-masing kelompok dengan menggunakan petunjuk dari guru sesuai dengan soal-soal yang diberikan oleh guru (untuk tiap kelompok sama tetapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama).
Melakukan kegiatan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain, dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat, bertanya dan menjadi pendengar yang baik.


7.
Presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan beri reward.


Melalui kegitan ini, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli dan menghargai orang lain,dapat dipercaya, adil, kerjasama, berpendapat, bertanya, dan menjadi pendengar yang baik.


8.
Siswa  diberikan soal tentang perbandingan :
1.      bentuk sederhana dari 50 menit : 1,5 jam adalah........
2.      Sebuah gambar rancangan gedung mempunyai skala 1 : 1200.  Jika tinggi gedung sesungguhnya 60 meter, tinggi gedung pada gambar adalah.......
3.      Jika harga selusin piring Rp 30.000,00 harga perbijinya adalah........
4.      nilai matematika agus 7,5 dan nilai matematika yuni 8,5. berapakah perbandingan nilai keduanya.....
5.      Skala peta 1 : 500.000. jarak dua kota pada gambar 8 cm, maka jarak dua kota sesungguhnya adalah........
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berpikir kritis, mengemukakan pendapat, menjadi pendengar yang baik, bertanggung jawab secara individu dan sosial.


C.    Penutup (± 10 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter/ Ketrampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa didorong untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari (fase5)
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


2.
Siswa diminta mengerjakan Evaluation Sheet secara individu, dan pemberian feedback serta penyajian skor individu dan kelompok mengacu pada rubrik penilaian.
Dengan mengerjakan Evaluation Sheet, siswa dilatihkan bertanggung jawab secara individu dan social, adil serta dapat dipercaya.


3.
Siswa diminta untuk mengisi Lembar Penilaian Diri secara individu.
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya.



IX.   Sumber Pembelajaran:
- Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VII Semester 1, penerbit  Piranti
- Worksheet
- LKS
X.     Penilaian
Penilaian individu :
1.      Setiap nomor benar diberi skor  25
2.      Jawaban kurang sempurna skor 5
3.      Total skor maksimal  = 100
Penilaian kelompok :
1.      Jawaban kelompok benar diberi skor 20
2.      Kerjasama tim diberi poin bonus
Keterangan:
1.      Poin bonus kelompok berdasarkan ketentuan berikut.
Kerjasama
Bonus
Bagus
20 Poin
Kurang Bagus
5 Poin
Tidak ada
0 Poin
.
2.      Skor akhir individu siswa adalah skor individu ditambah skor kelompok dan bonus kelompok.


XI.            Lampiran


Lampiran  1
Gurun menjelaskan materi perbandingan seperti:
Ø  Skala adalah ukuran gambar : ukuran sebenarnya.
Ø  Foto atau model berskala adalah gambar atau benda yang memiliki bentuk sama dengan aslinya, hanya diperbesar atau diperkecil.
-            Faktor pembesaran = ukuran besar
               ukuran kecil
-            Faktor pengecilan = ukuran kecil
             ukuran besar

Ø  Contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
contoh :
2.      Berapakah harga 4 buku tulis jika andi membeli 10 buku tulis dengan harga Rp. 10.000,-
Jawab :
b.      Perbandingan jumlah buku = 4 buku = harga 4 buku
    10 buku    Rp. 10.000,-
      sehingga Harga 4 buku = 4 x Rp. 10.000,- = Rp. 4.000,-
                                              10
Ø  Soal perbandingan senilai atau seharga
contoh :
harga 1 lusin piring adalah Rp. 42.000,00. hitunglah berapa harga 10 buah piring?
jawab: 1 lusin = 12 buah = Rp. 42.000,00
                           10 buah = Rp. ...........
3.      Mencari harga satuan
harga 1 buah piring = Rp. 42.000,00 : 12 = Rp. 3.500,00
harga 10 buah piring= 10 x Rp. 3.500,00 = Rp. 35.000,00
4.      Dengan perbandingan
harga 10 buah piring= 10 x Rp. 42.000,00 = Rp 35.000,00
                                    12
Ø  Soal perbandingan berbalik nilai
soal perbandingan berbalik nilai dapat diselesaikan dengan 2 cara
                            iii.            dengan mencari hasil kali
                            iv.            dengan perbandingan
contoh:
Seorang pemborong bangunan, sanggup menyelesaikan sebuah jembatan selama 6 bulan dengan pekerja sebanyak 8 orang. apabila pemborong menginginkan jembatan tersebut dalam 4 bulan hitunglah berapa orang pekerja yang dibutuhkan.
6 bulan       8 orang
4 bulan       .... orang
cara (i) mencari hasil kali
hasil kalinya = 6 x 8
Jadi jumlah pekerja yang diperlukan = 6 x 8 orang = 12 orang
                                                                     4
cara (ii) dengan perbandingan
Jumlah pekerja yang diperlukan= 6 x 8 orang = 12 orang
                                                      4

Lampiran  2
A.      Soal Individu


SOAL KODE A
1.       Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 6 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 12 km. tentukan
a.    Skala peta
b.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.       Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 20 cm
b.    Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3.       Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 4 kali. Hitunglah:
a.     Panjang dan lebar foto setelah diperbesar.
b.    Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.       Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 10cm, lebar 8cm, dan tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 100 meter.
a.     Tentukan pembesaranya.
b.    Lebar dan tinggi sebenarnya.

SOAL KODE B
1.         Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 8 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 16 km. tentukan
a.    Skala peta
b.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.         Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 25 cm
b.    Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 20km.
3.         Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 6 kali. Hitunglah:
a.     Panjang dan lebar foto setelah diperbesar.
b.    Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.         Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 12cm, lebar 10cm, dan tinggi 24 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 120 meter.
a.     Tentukan pembesaranya.
b.    Lebar dan tinggi sebenarnya.

SOAL KODE C
1.    Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 7 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 14 km. tentukan
a.    Skala peta
b.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.    Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 30 cm
b.    Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 15km.
3.    Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 7 kali. Hitunglah:
a.     Panjang dan lebar foto setelah diperbesar.
b.    Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.    Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 15cm, lebar 10cm, dan tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 120 meter.
a.     Tentukan pembesaranya.
b.    Lebar dan tinggi sebenarnya.

SOAL KODE D
1.         Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 9 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 18 km. tentukan
a.    Skala peta
b.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.         Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
a.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 15 cm
b.    Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3.         Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 8 kali. Hitunglah:
a.     Panjang dan lebar foto setelah diperbesar.
b.    Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.         Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 20cm, lebar 12cm, dan tinggi 40 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 150 meter.
a.     Tentukan pembesaranya.
b.    Lebar dan tinggi sebenarnya.

SOAL KODE E
1.    Jarak kedua kota A dan kota B pada peta adalah 6 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 12 km. tentukan
c.     Skala peta
d.    Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 3 cm.
2.    Skala suatu peta 1:50.000. hitunglah:
c.     Jarak sebenarnya jika jarak pada peta 20 cm
d.    Jarak pada peta jika jarak sebenarnya 10km.
3.    Sebuah foto dengan ukuran (3x4) cm. jika foto diperbesar 4 kali. Hitunglah:
a.     Panjang dan lebar foto setelah diperbesar.
b.    Keliling dan luas foto sebelum dan sesudah diperbesar.
4.    Sebuah miniatur monas mempunyai panjang 10cm, lebar 8cm, dan tinggi 25 cm. jika panjang monas sebenarnya adalah 100 meter.
a.     Tentukan pembesaranya.
b.    Lebar dan tinggi sebenarnya.
Lampiran 3
 SOAL KELOMPOK
Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
1.       Suatu peta menyatakan skala 1:200.000. Jika jarak kota A menuju kota B adalah 15 cm. Maka jarak sebenarnya adalah…..
2.       Jarak kecamatan Tumpang dan Kecamatan Kepanjen pada peta adalah 25 cm, jika jarak sebenarnya adalah 10km berapakah skala yang ada dalam peta?
3.       Foto dengan ukuran (4 x 6) akan diperbesar 5 kali dari ukuran semula. Hitunglah:
a.       Panjang dan lebar setelah diperlebar.
b.      Keliling dan Luas setelah diperlebar.
4.       Manakah yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai:
a.             Banyaknya halaman buku dengan tebalnya buku
b.             Banyaknya petani dengan luas sawah yang dicangkul
c.              Banyaknya ular dan banyaknya tikus di sawah
d.             Banyaknya kuli bangunan dengan cepatnya pengerjaan bangunan
e.             Kecepatan motor dengan lamanya waktu tempuh
5.    Seorang nasabah mendapat bunga dari Bank sebesar Rp 1.500.000 setelah menabung 10 bulan. Berapakah bunga yang didapat nasabah jika ia menabung :
a.                4 bulan                                        c. 12 bulan
b.    20 bulan                                            d. 8 bulan
6.       Seorang pengendara motor menempuh perjalanan ke kota Pasuruan dengan kecepatan 45 km/jam selama 1 jam. Jika ia menggunakan mobil dengan kecepatan 75 km/jam, berapakah waktu yang ditempuh pengendara  mobil?
7.       Di suatu perkemahan Pramuka tersedia makanan untuk 72 orang Pramuka selama 6 hari. Jika ternyata ada 18 orang yang tidak hadir, berapa lama makanan itu memenuhi kebutuhan mereka?
8.       Sepuluh ekor kuda dapat menghabiskan sebuah areal rumput selama 4 hari. Jika 6 ekor kuda bergabung maka berapa hari areal rumput itu akan habis?
Lampiran 4
Guru memberikan tugas di Buku LKS Canggih hal 54-55. Penerbit: Gema Nusa.
Lampiran  4
Evaluation Sheet
No.
Soal
Jawaban
1.





2.



3.



4.


5.

2.
Sebuah denah rumah dengan skala 1:500. Bila rumah itu mempunyai pada peta 15cm x 20 cm. maka hitunglah:
b.         Panjang dan lebar bangunan sesungguhnya.
c.         Luas dan keliling ukuran sesungguhnya.
Seorang pengendara motor menempuh jarak tertentu dengan kecepatan 45 km/jam selama 2 jam. Jika ia menggunakan mobil dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam, berapakah waktu yang waktu yang dibutuhkan pengendara mobil?
Diperlukan waktu 2 jam untuk memindahkan sejumlah barang dengan pekerja 4 oarang. Jika pekerja ditambah menjadi 20 orang, maka perkerjaan akan selesai dalam waktu?
Sebuah konveksi selama 6 hari dapat membuat 160 potong baju. Berapakah banyaknya baju yang dapat dibuat selama 14 hari?
Suatu asrama mempunyai persediaan makanan untuk 40 oarang selama 22 hari. Jika dalam asrama itu bertambah 8 orang lagi maka berapa hari persediaan makanan itu?


Pakis , 24 November 2011
      Guru Pamong,                                                                     Guru mata pelajaran


 Dra. SUHARIYATI                                                                            Dani Kurniawan               NIP. 19690105  199903 2 003                                           
Mengetahui,
  Kepala SMP Negeri 2 Pakis


   Drs. SUDARTO, S.Pd
NIP. 19530303  199903 1 010







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar