STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah
(MTs)
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu
universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang
teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan
matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan
matematika diskrit. Untuk menguasai dan
mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat
sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu
diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali
peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis,
dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar
peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan
informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti,
dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk
mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah
merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup
dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah
dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan
masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan,
pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai
dengan situasi (contextual problem).
Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing
untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran,
sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti
komputer, alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah
2. Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang matematika,
menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
5. Memiliki
sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin
tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan
percaya diri dalam pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika
pada satuan pendidikan SMP/MTs meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Bilangan
2.
Aljabar
3.
Geometri dan Pengukuran
4.
Statistika dan Peluang.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi
Dasar
|
Bilangan
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
1.2 Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
Aljabar
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu
variabel
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
3.2 Menyelesaikan matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan
masalah
|
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan,
serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep himpunan bagian
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang
(difference), dan komplemen pada
himpunan
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam
pemecahan masalah
|
Geometri
5.
Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut,
serta menentukan ukurannya
|
5.1 Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
5.2 Memahami
sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis
sejajar berpotongan dengan garis lain
5.3 Melukis sudut
5.4 Membagi sudut
|
6.
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis sumbu
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar
1.2
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
1.3
Memahami relasi dan fungsi
1.4
Menentukan nilai fungsi
1.5
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat
Cartesius
1.6
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
|
2.
Memahami sistem persa-maan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
2.1
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
2.2
Membuat matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel
2.3
Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel dan penafsirannya
|
Geometri dan Pengukuran
3.
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
3.1
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga
siku-siku
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
4.3
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan
masalah
4.4
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
4.5
Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
|
5.
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta
menentukan ukurannya
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2
Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
5.3
Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
|
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
1.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
1.2
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
2.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1
Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
2.2
Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
2.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Statistika dan Peluang
3.
Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data
tunggal serta penafsirannya
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, dan lingkaran
|
4. Memahami
peluang kejadian sederhana
|
4.1
Menentukan ruang
sampel suatu percobaan
4.2
Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Bilangan
5.
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah sederhana
|
5.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2
Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar
5.3
Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
||
6.
Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
|
6.1
Menentukan pola barisan bilangan sederhana
6.2 Menentukan
suku ke-n barisan aritmatika dan
barisan geometri
6.3 Menentukan
jumlah n suku pertama deret
aritmatika dan deret geometri
6.4
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
||
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.